3 Pesan Dekan FAI dalam Pembekalan Praktikum


Dekan FAI UMSurabaya Isa Anshori sedang memberikan pengarahan dalam pembekalan Praktikum KUA-PA

Dalam pembelajaran yang berbasis teori di kelas, penajaman pembelajaran dalam wilayah praktis sangat dibutuhkan. Hal ini bukan saja menjadi ruang dan medium untuk mengaplikasikan keilmuan, namun juga untuk melihat realitas di lapangan tentang abstraksi teoritis yang telah dipelajari di perkuliahan.

Prodi Hukum Keluarga Islam UMSurabaya melakukan ikhtiar dalam rangka penguatan materi perkuliahan dengan menyelenggarakan beberapa praktikum, di antaranya Praktikum Kantor Urusan Agama (KUA), Praktikum Pengadilan Agama (PA), dan beberapa praktikum yang didesain dengan pemagangan, seperti pemagangan LBH (Lembaga Bantuan Hukum) dan pemagangan AUM (Amal Usaha Muhammadiyah).

Sebelum praktikum dimulai, Kaprodi Hukum Keluarga Islam Gandhung Fajar Panjalu MHI mengadakan acara pembekalan praktikum yang diisi oleh pemateri berkompeten di antaranya Saiful Ibnu Hamzah, MA (tentang PA) dan Zainul Arifin, S.Sy (Penghulu KUA Menganti Gresik, tentang KUA), di Gedung at-Tauhid lantai 9 Ruang 908 UMSurabaya, 24 November 2018.

Turut hadir dalam pembukaan pembekalan praktikum, Ketua Pelaksana Praktikum PA-KUA dan Sekprodi Hukum Keluarga Islam Mohammad Ikhwanuddin, MHI dan Dekan Fakultas Agama (FAI) UMSurabaya Isa Anshori, M.Ag.

Ada 3 pesan utama Isa Anshori dalam pembukaan pembekalan praktikum tersebut. Pertama, perbaikan mentalitas, kedua, penguatan kedisiplinan, dan ketiga, peningkatan profesionalisme. Baik masih sebagai mahasiswa, maupun sebentar lagi menyandang gelar sanjana, ketia pesan utama itu hendaknya dapat dijadikan pegangan hidup.

Bahwa, mahasiswa/alumnus FAI harus memperbaiki mentalitasnya sebagai pengkaji agama. Medan kerja yang kompetitif, lahan “garapan” yang luas, semestinya membuat mahasiswa/alumnus tegap dan optimis dalam menghadapi realitas kehidupan. Sikap optimis tersebut harus dipupuk dengan tekad dan belajar yang serius selama proses perkuliahan.

Kedisplinan merupakan salah satu kunci keberhasilan seseorang. Melalui praktikum, mahasiswa diharapkan turut serta menjaga kedisplinan, baik disiplin waktu, tugas, maupun seragam yang rapi. “Kalian harus belajar tentang kedisiplinan di tempat kerja”, pesan Isa Anshori.

Setali tiga uang, sikap profesionalisme menjadi ujung tombak dalam pembelajaran praktikum. Mahasiswa akan dituntut untuk belajar mengenai kompetensi dan tugas profesionalisme sebagai penyuluh, pegawai atau pimpinan di KUA. Juga, mahasiswa akan belajar secara profesional tentang tugas harian panitera, pegawai, dan hakim di Pengadilan Agama.


Praktikum KUA ini dilaksanakan di 7 kantor KUA wilayah Surabaya selama 10 hari kerja, mulai 26 November hingga 07 Desember 2018, sementara Praktikum Pengadilan Agama direncanakan akan dimulai di 3 PA (Surabaya, Sidoarjo, Gresik) pada 10 Desember hingga 03 Januari 2019. Semoga sukses dan berkah.

Komentar

komentar


Mohammad Ikhwanuddin

About Mohammad Ikhwanuddin

Mohammad Ikhwanuddin SHI MHI, Dosen dan Sekprodi Hukum Keluarga Islam ( Ahwal Syakhshiyyah) Fakultas Agama Islam UMSurabaya. Kini sedang Studi Doktoral (S3) Dirasah Islamiyah ( Islamic Studies) UIN Sunan Ampel dengan Beasiswa Mora Scholarship Program 5000 Doktor Kemenag RI Tahun 2017. (Telepon/WA 083849992503)

Leave a comment