Beragam Agenda Sambut “Word Space Week” 2018


 

Setiap awal bulan Oktober selalu diperingati sebagai Pekan Astronomi Dunia (PAD), atau disebut pula Word Space Week. Dalam rangka turut serta memeriahkan agenda tersebut, Program Studi Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah) Universitas Muhammadiyah Surabaya sebagai salah satu perguruan tinggi yang memiliki program unggulan seputar Ilmu Falak (Astronomi Islam) mengadakan berbagai agenda yang berkaitan dengan astronomi.

Agenda pertama adalah pengukuran Arah Kiblat pada Auditorium At Tauhid Tower lantai 13 Kampus UMSurabaya. Pengukuran tersebut dilakukan dalam rangka persiapan penggunaan Auditorium sebagai alternatif masjid selama proses pemugaran masjid KH Mas Mansyur Komplek Kampus UMSurabaya.

Kemudian, dilaksanakan juga Praktikum Rukyatul Hilal sebagai bentuk pembelajaran tentang awal bulan hijriyah, tepatnya Awal Bulan Shafar 1440 H. Agenda dilaksanakan di Markaz Rukyatul Hilal Tanjungkodok, komplek WBL Resort, Lamongan. Agenda diawali dengan penghitungan secara matematis tentang posisi hilal yang akan muncul, kemudian dilanjutkan dengan mengamati hilal dengan menggunakan berbagai alat yang telah disediakan.

Puncak peringatan “Word Space Week” diisi dengan pengamatan terhadap fenomena Hari Tanpa Bayangan (No Shadows Day) di Kota Surabaya pada hari Jumat, 12 Oktober 2018. Agenda diawali dengan penjelasan dan pengamatan langsung Surabaya Tanpa Bayangan di halaman kampus UMSurabaya, kemudian ditutup dengan liputan khusus dari media massa seputar fenomena Surabaya Tanpa Bayangan tersebut.

 

Link Berita : http://fai.um-surabaya.ac.id/beragam-agenda-sambut-word-space-week-2018/

Link Liputan Live TV  : https://www.youtube.com/watch?v=qCk9p0eB9Bg

 

Komentar

komentar

Leave a comment