Demi Masa; Refleksi Quran untuk KKN UMSurabaya


Demi Masa; Refleksi Quran untuk KKN UMSurabaya.
(Diksi “Demi Masa” terinspirasi dari tema KKN Kelompok 2 Sutorejo)

Oleh Mohammad Ikhwanuddin, salah satu Dosen Pembimbing Lapangan.

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya tengah mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2017 selama satu bulan terhitung mulai 18 Juli ini, di daerah Surabaya dan Lamongan.

Sehari sebelumnya, prosesi Pelepasan sekaligus Pembukaan KKN 2017 dilakukan oleh Kepala LPM Sujinah, Rektor UMSurabaya beserta segenap pejabat rektorat (17/07/2017), dan DPL KKN, hari ini pembukaan KKN di tingkat Kecamatan wilayah Surabaya akan dilaksanakan dengan berurutan.

Ada sebuah diksi reflektif bagi saya terkait pelaksanaan KKN 2017. Salah satu kelompok KKN, menggunakan istilah Demi Masa, untuk menerjemahkan tema besar KKN 2017 ” Belajar dan Berdaya Bersama Masyarakat”.

Kendati, diksi Demi Masa awalnya abreviasi dari _Dengan Semangat (ber)inovasi, Mewujudkan Masyarakat Sejahtera_, saya melihat bahwa Demi Masa bisa dilekatkan dengan semangat surat Al-Asr (Demi Masa), sebuah surat pendek (hanya 3 ayat) yang pernah diajarkan oleh Ahmad Dahlan selama 7 bulan kepada murid-muridnya.

Refleksi Surat al-Asr (Demi Masa) inilah, yang akan penulis uraikan, sebagai bagian refleksi individu dan komunal terbatas (Kelompok 2), sekaligus renungan bersama.

Surat Al-Asr, setidaknya memuat prolog umum mengenai situasi “kesia-siaan” manusia, kecuali manusia dengan 3 sikap, yakni Iman (amanu), berbuat positif (amilu al shalihat), dan saling mengingatkan (tawashau).

Refleksi yang dapat di _breakdown_ dari sana, bahwa pelaksanaan KKN oleh mahasiswa kurang bermanfaat (secara verbal bisa dikatakan, rugi atau khusr), jikalau 3 sikap ini diabaikan.

1. Komitmen
Iman pada dasarnya diartikan sebagai percaya. Dalam redakso definitif lain, iman diartikan sebagai pembenaran dalam hati (tasdiq bi al qalb), pengakuan dalam ucapan (iqrar bi al lisan) dan wujud nyata tindakan tubuh (amal bi al arkan).
Keterkaitan hati, ucapan dan tindakan inilah yang perlu dikembangkan dalam kelompok KKN.

Percaya akan pelaksanaan dan penyuksesan KKN, percaya pada pengurus KKN mulai dari tingkat LPM hingga Ketua Kelompok. Sebuah kepercayaan, yang melahirkan komitmen bersama.

Komitmen inilah yang memagut peserta untu ber-KKN dengan hati ( ora nggerundel dan ngedumel ae) dan senang penuh persahabatan, ber-KKN dengan ucapan dalam diskusi, tukar ide dan bergaul bersama masyarakat ( ora jegidek ae) , serta ber-KKN dengan tindakan nyata ( gelem melu tandang gawe, ora pasivis, dan berani berinisiatif).

2. Kontributif-Positif
Karakter kedua, dalam Surat Al Asr adalah orang yang beramal Sholih. Jika direfleksikan dari ini, maka KKN semestinya memberikan dampak positif bagi masyarakat dan tempat KKN.

Tidak malah “membebani” atau “membuat gaduh” atau malah mencemari lingkungan. Karena jika ini dilakukan, maka noktah merah yang ada di peserta KKN sepintas ada lalu hilang. Namun kesan buruk pada almamater UMSurabaya akan lama mengerak, lama terekam, dan memorable.

So, yuk berkontribusi secara positif pada masyarakat dan lingkungan tempat KKN dilaksanakan.

3. Saling mengingatkan.
Saya percaya, bahwa saya tidak sendirian saat meyakini bahwa “pelemahan” atau “penggembosan” KKN bisa dari internal kelompok, bisa juga eksternal. Itu hambatan, sekaligus tantangan.

Jika komitmen telah terbentuk, imaji tentang kontribusi positif telah menjadi kesadaran kolektif, maka pelemahan yang terjadi dalam tubuh kelompok harus segera diatasi. Termasuk, menyikapi anggota KKN yang acuh, pasivis, atau sok kece dengan tidak mau terlibat dalam KKN. Nasehati, ajak yang baik, dan terus berwasiat/ saling mengingatkan dengan kebenaran dan kesabaran.

So, good luck, teman-teman peserta KKN 2017 UMSurabaya. Terlebih, untuk kelompok 2 yang menginisiasi diksi “Demi Masa”. Selamat berlajar, selamat berdaya, dan selamat bersenang-senang.

Komentar

komentar


Mohammad Ikhwanuddin

About Mohammad Ikhwanuddin

Mohammad Ikhwanuddin, Dosen sekaligus Sekretaris Prodi Hukum Keluarga Islam ( Ahwal al Syakhshiyah) Fakultas Agama islam UMSurabaya (Telepon/WA 083849992503)

Dibaca : 10,076 pengunjung.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
7 + 28 =