Download Pedoman Program Inovasi Mahasiswa oleh LPPM UMSurabaya


Total kunjungan 128 , Kunjungan hari ini 1 

Bangsa Indonesia memiliki beragam masalah terkait kesejahteraan masyarakat. Penerapan dan pengembangan teknologi tepat guna dapat menjadi solusi terhadap masalah-masalah tersebut. Sepanjang sejarah, kita mengenal banyak penemu  atau inventor muda yang menciptakan produk, alat, atau aplikasi yang bermanfaat bagi kehidupan manusia, seperti Alexander Graham Bell yang menciptakan Telepon, Thomas Alfa Edison yang menciptakan Fonograf, dan Bill Gates yang membuat sistem operasi Microsoft Windows, proses penelitian dan penemuan tersebut dilakukan saat mereka berumur 28 Р30 tahun.

Perguruan Tinggi merupakan institusi yang dijadikan ruang incubator untuk menghasilkan generasi bangsa yang intelek serta memiliki sikap kecendekiawanan. Intelektualitas serta sikap cendikiawanan tersebut dalam bentuk pengembangan pengetahuan dan inovasi. Universitas Muhamamdiyah Surabaya merupakan salah satu perguruan Tinggi di Jawa Timur yang concern dalam pengembangan pengetahuan dan inovasi, sebagaimana visi misi kampus yaitu Intelectuality, Morality, dan Entrepreneurship.

BACA JUGA  Beasiswa Riset (Skripsi, Tesis, Disertasi) BAZNAS 2020

Sejauh ini mahasiswa UMSurabaya hanya mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diadakan oleh Dikti. Berdasarkan data yang diperoleh selama 3 tahun terakhir dari sejumlah 239 proposal PKM hanya 5 % proposal yang berorintasi pada produk inovasi.  Sedangkan proposal produk inovasi dari 5 % tersebut yang mampu terpublikasikan hanya 0,2 %.

Berdasarkan data yang diperoleh oleh Lembaga Penelitian dan pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UMSurabaya didapatkan bahwa jumlah produk dari hasil penelitian bagi dosen dan mahasiswa relative sangat sedikit jumlahnya hanya 10%. Rata- rata penelitian mahasiswa dan dosen hanya berhenti setelah melakukan penelitian dan belum ada yang melakukan inovasi produk yang dapat menghasilkan nilai tambah bagi peneliti. Dari hasil produk inovasi ini tentu akan menambah nilai publikasi bagi Universitas Muhammadiyah Surabaya khususnya, Selama ini publikasi di media 80% didominasi oleh ketokohan.

BACA JUGA  Rekapitulasi Pengisian Kuisioner Latarbelakang Mahasiswa 2016

Untuk mendorong dan mewadahi hal tersebut, LPPM UMSurabaya mengadakan Program Inovasi Mahasiswa. Program ini tujuannya adalah sebagai wadah untuk mencover Mahasiswa dan menstimulus untuk berpikir kreatif dan inovatif yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.

 

Surabaya, 13 Desember 2016

Plt. Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian

Kepada Masyarakat (LPPM) UMSurabaya

 

BACA JUGA  Undangan Pembekalan Praktikum PA & KUA

Download Pedoman Program Inovasi Mahasiswa

oleh LPPM UMSurabaya

 

 

 

Ttd

Dede Nasrullah, S.Kep. Ns. M.Kep

NIP.

 

Komentar

komentar