Fakultas Agama Islam UMSurabaya Semakin Go-Internasional


Pada Selasa (6/2/2018), Universitas Muhammadyah (UM) Surabaya mengadakan pertemuan untuk membahas rencana KKN Internasional UM Surabaya prodi Hukum keluarga Islam.

Dalam hal program ini, mereka bekerjasama dengan Asosiai Masjid Chana District, Songkhla Province, Thailand. Ini akan diselanggarakan pada tahun ini 2018.

UM Surabaya, dalam hal ini diwakili oleh Pramudana Ihsan, M.Pd., sebagai Ketua Kantor Urusan Internasional dan kerjasama, dengan H. Ahmad Aikiem sebagai Ketua Asosiasi Masjid Chana Somgkhla, Procince di Thailand.

Informasi tentang asosiasi tersebut berada di bawah Kerajaan Thailand yang salah satunya mengurusi konseling pernikahan dan masalah-masalah rumah tangga dengan menggunakan pendekatan Islam.

Dalam asosiasi ini, mereka membawahi 70 masjid yang masing-masing memiliki sekolah agama Islam. “kegiatan ini dapat meningkatkan mutu program studi hukum keluarga islam di Universitas Muhammadiyah Surabaya” papar Pramudana.

“Dalam programnya saat ini, UM Surabaya, bergerak cepat dengan misinya internasionalisasi kampus UM Surabaya dengan kampus sejuta inovasi”, Tandas Pramudana.

Sementara itu, di tempat terpisah Isa Anshori, dekan FAI UMSurabaya mengharapkan kepada seluruh mahasiswa program studi Hukum Keluarga Islam UMSurabaya untuk meningkatkan kemampuan akademik maupun non-akademik dalam menghadapi KKN Internasional tersebut. Harapannya, mahasiswa dapat lebih memahami perbandingan hukum perkawinan antar negara sebagai sebuah kajian yang menarik untuk diteliti dalam khazanah keilmuan Islam kontemporer. di FAI UMSurabaya sendiri, program Internasionalisasi ini bukanlah hal baru, mengingat sebelumnya telah dilakukan berbagai MoU dengan berbagai instansi luar negeri. Harapannya, FAI UMSurabaya dapat menjadi pusat studi ke-Islaman yang berskala internasional.

Source :

  1. https://mepnews.id/2018/02/07/universitas-muhammadiyah-surabaya-go-international/
  2. Wawancara eksklusif dengan Dekan FAI.

Komentar

komentar

Leave a comment