Mahasiswa FAI Ikuti Dua Kemah Lintas Agama


Total kunjungan 70 , Kunjungan hari ini 1 

 

Pekan terakhir bulan Juli, dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh mahasiswa Program Studi Ahwal al Syakhshiyah FAI UMSurabaya untuk mengembangkan diri dengan wawasan yang tidak didapatkan pada bangku perkuliahan. Salah satunya adalah mengikuti Kemah Pemuda Lintas Agama. Uniknya, pada pekan terakhir bulan Juli ini ada dua agenda berupa Kemah Pemuda Lintas Agama yang diikuti.

Agenda pertama adalah Kemah Pemuda Lintas Agama yang diselenggarakan oleh Forum Kerukunan Ummat Beragama (FKUB) Kota Surabaya, Senin-Rabu, tanggal 25-27 Juli 2016 bertempat di Badan Litbang Kesehatan, Jl. Indrapura no 17 Surabaya. Agenda tersebut diikuti oleh M. Fahriyansya dan Wildan Surya Saputra. Keduanya adalah mahasiswa semester IV Prodi Ahwal al Syakhshiyah. Kegiatan yang diikuti dalam agenda ini antara lain berupa seminar, kunjungan ke 6 Majelis Agama, dan outbond dalam rangka menjalin kebersamaan antar pemuda lintas agama.

BACA JUGA  HADIS HUKUM KELUARGA

IMG-20160803-WA0016

Agenda kedua adalah Kemah Pemuda Lintas Agama yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Kantor Wilayah Jawa Timur dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jawa Timur. Agenda ini dilaksanakan pada hari Selasa-Kamis, 26-28 Juli 2016 bertempat di Hotel Royal Outbond Indonesia, Jl Raya Trawas KM 17, Desa Sukosari, Kec Trawas, Mojokerto. Agenda tersebut diikuti oleh M Muhalib (Mahasiswa semester VI) dan Khoirun Nashihin (Mahasiswa semester VIII) prodi Ahwal al Syakhshiyah. Agenda ini diisi dengan berbagai kegiatan positif, antara lain seminar dengan pembicara tokoh dari berbagai Majelis Agama, penanaman pohon, diskusi interaktif antar kelompok dan Outbond. Luaran dari agenda ini adalah terbentuknya Forum Kerukunan Generasi Muda Antar Agama (Forkugama) di seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Timur.

BACA JUGA  Kemunduran Dalam Beretika

IMG_20160803_222639

Aktifitas interaksi lintas agama sebenarnya bukan merupakan hal asing di lingkungan FAI UMSurabaya, terlebih dengan adanya Program Studi Perbandingan Agama yang mempelajari ilmu tentang Studi Agama-Agama di dunia. Lagipula, tidak sedikit alumni dan dosen FAI UMSurabaya yang menjadi pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama, misalnya Ketua Program Studi Perbandingan Agama, Drs. Hamri, M.Pd.I. menjabat sebagai sekretaris FKUB Kota Surabaya. Di tingkat Propinsi Jawa Timur misalnya bapak Abdul Hadi AR, M.M, dosen FAI UMSurabaya menjabat sebagai Wakil Ketua FKUB Propinsi Jawa Timur hingga tahun 2016. Di kalangan generasi muda lintas agama misalnya alumnus FAI sekaligus dosen UMSurabaya, Gandhung Fajar Panjalu, M.HI menjabat sebagai Wakil Ketua Forkugama Jawa Timur. Ada juga Salman Alfarisi, alumni FAI UMSurabaya yang juga menjabat sebagai anggota Forkugama Jawa Timur sampai tahun 2016.

Komentar

komentar