Mahasiswa Hukum Keluarga Islam Gelar Talkshow Pranikah



Oleh : Hikmah Nisfi Maudiyah, Mahasiswi Hukum Keluarga Islam UMSurabaya

Dalam perjalanan kehidupan, pernikahan dianggap sebagai memasuki fase kehidupan baru. “Selamat menempuh hidup baru”, sering digunakan sebagai tahniah (ungkapan selamat) kepada pasangan yang telah melangsungkan pernikahan.
Karena urgensi fase pernikahan itulah, mempersiapkan menuju fase tersebut menjadi sangat penting. Pemilihan jodoh, kesiapan mental, dan ketepatan dalam memenuhi berbagai persyaratan, merupakan persiapan yang harus dipersiapkan oleh seseorang sebelum membina mahligai rumah tangga.

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya Program Studi Hukum Keluarga Islam menggelar talkshow pra nikah dengan tema “Menuju Pernikahan Syar’i Mewujudkan Keluarga Islami”, di Gedung G lantai 6 UMSurabaya, Jl Sutorejo 59 Surabaya, 28 Oktober 2018 silam.

Kegiatan yang menyasar mahasiswa dan masyarakat umum ini diikuti oleh kurang lebih 200 peserta. Beberapa peserta terdata di luar Surabaya. Amar salah satu peserta yang berasal dari Malang, tertarik untuk mendaftar talkshow ini dikarenakan biaya pendaftaran yang terjangkau, dan ingin memperdalam ilmu agama serta persiapan bekal pranikah.

Selain dihadiri oleh Dekan Fakultas Agama Islam Isa Anshori dan segenap dekanat serta pimpinan Prodi Hukum Keluarga Islam dan berbagai elemen lainnya, acara Talkshow menghadirkan narasumber keren, di antaranya adalah Ir. Misbahul Huda, MBA (Biro Konsultasi dan Konseling Keluarga Sakinah Al-Falah Surabaya) menyampaikan materi tentang manajemen keungan pranikah. Berani mengambil resiko, kemandirian, dan keuletan dalam menekuni profesi adalah salah satu pesan terdalam beliau dalam mengarungi kehidupan.

“Keluarga sukses yaitu keluarga yang mampu menghadapi masalah-masalah kehidupan, baik ketika di puncak kejayaan maupun saat terpuruk di dasar kegagalan. Keluarga haruslah terdiri dari Ayah dan Bunda yang piawai dan berkemampuan dalam melahirkan generasi sukses”. Begitu salah satu dari beberapa nasihat Misbahul Huda.

Ada juga materi tentang kesehetan pranikah. Materi ini langsung disampaikan oleh H. Yenrizal Makmur, SP, MM (Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Jatim). Pemateri lainnya, Dr. Syamsudin, M.Ag dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jatim memberikan pemahaman mengenai psikologi agama dalam pranikah. Ustadz La Ode Munafar, yang tak lain Founder @Indonesiatanpapacaran, memurnakan diskusi tentang menjemput jodoh dengan Islami.

Dalam sambutannya, Eko Ulil Albab selaku Walikota Himpunan Mahasiswa Hukum Keluarga Islam (HIMAHKI) berharap para peserta dapat memahami penyampaian materi tentang keluarga dengan baik dan benar, sehingga setidaknya peserta bisa menerapkan ilmu yang didapat dengan mempraktekkannya secara langsung.

Komentar

komentar


Mohammad Ikhwanuddin

About Mohammad Ikhwanuddin

Mohammad Ikhwanuddin SHI MHI, Dosen dan Sekprodi Hukum Keluarga Islam ( Ahwal Syakhshiyyah) Fakultas Agama Islam UMSurabaya. Kini sedang menjalani pendidikan doktoral (S3) Prodi Studi Islam ( Islamic Studies) UIN Sunan Ampel Surabaya dengan Beasiswa Mora Scholarship Program 5000 Doktor Kemenag RI Tahun 2017. (Telepon/WA 083849992503)

Leave a comment