Mahasiswa Hukum Keluarga Islam UMSurabaya Praktik Ru’yatul Hilal


Oleh Ainun Ridho, Peserta Praktik Ru’yatul Hilal, Mahasiswa Hukum Keluarga Islam UMSurabaya

Mahasiswa Hukum Keluarga Islam UMSurabaya sedang Praktik Ru’yatul Hilal

Mahasiswa Hukum Keluarga Islam Universitas Muhammadiyah Surabaya melaksanakan praktek ru’yatul hilal (melihat hilal) pada hari Rabu, 10 Oktober silam di Pantai Tanjung Kodok Lamongan. Acara ini meruapakan salah satu penguatan pembelajaran hitungan dalam Ilmu Hisab pada Mata Kuliah Ilmu falaq yang dibimbing oleh Bapak Bahrul Ulum, M.Pd.

Sebagai Mahasiswa UMSurabaya yang mengikuti pedoman Ilmu Hisab dalam metode penetapan awal dan akhir bulan, praktik ru’yatul hilal bertujuan agar Mahasiswa Hukum Keluarga Islam tidak hanya faham secara teori, tetapi juga mempunyai skill terapan dalammengaplikasikan teori.

Mahasiswa mengikutipraktik ru’yatul hilal dengan sangta antusias. Di samping karena panorama alam di Pantai Tanjung Kodok yang begitu menawan, praktik rukyatul hilal menjadi media rihlah / traveling dan tadabbur alam yang berkesan dalam mempraktekkan Ilmu Hisab ke dalam wujud praktis.

Hal ini merupakan kegembiraan bagi Mahasiswa Hukum Keluarga Islam Universitas Muhammadiyah Surabaya. Mahasiswa merasakan kedalaman ilmu yang lebih baik, jika pemahaman yang diterima dalam sekat kelas terimplementasikan dalam tataran praktik yang berkelindan. Sehingga apa yang dipraktekan oleh mahasiswa dapat menambah semangat Mahasiswa untuk lebih mendalami ilmu tersebut.

Komentar

komentar


Mohammad Ikhwanuddin

About Mohammad Ikhwanuddin

Mohammad Ikhwanuddin SHI MHI, Dosen dan Sekprodi Hukum Keluarga Islam ( Ahwal Syakhshiyyah) Fakultas Agama Islam UMSurabaya. Kini sedang Studi Doktoral (S3) Dirasah Islamiyah ( Islamic Studies) UIN Sunan Ampel dengan Beasiswa Mora Scholarship Program 5000 Doktor Kemenag RI Tahun 2017. (Telepon/WA 083849992503)

Leave a comment