Mahasiswa PAI UM Surabaya Mencari Berkah di Negeri Gajah Putih


Oleh : M. Habibi Bahrul Ilmi

تحرك,فإن في الحركة بركة

            Sebuah kalimat yang selalu menggugah semangat seseorang yang mengerti akan maknanya untuk selalu terus bergerak, tentunya bergerak dalam hal yang menghasilkan manfaat dan berguna untuk masyarakat. Sesuai dengan makna kalimat tersebut “Bergeraklah, sesungguhnya di dalam pergerakan itu terdapat berkah”. Manusia adalah makhluk hidup yang diciptakan oleh Allah SWT paling sempurna, mereka mempunyai  indera dan organ tubuh yang lengkap. Maka dari itu salah satu ciri– ciri makhluk hidup (manusia)  salah satunya adalah bergerak.

By : HabibiLa Yubala (kallayanachonrangshan foundation school)

            Tak terasa, kini sudah 30 hari  kita lewati untuk tinggal di negeri yang mempunyai julukan gajah putih ini. Waktu yang tidak singkat dan tidak terlalu lama jika kita jalani dengan hati yang gembira. karena tugas kuliahlah yang menjadi alasan untuk terbang jauh ke negeri thailand ini untuk beberapa bulan ke depan. Dalam dunia perkuliahan pasti tidak asing lagi dengan namanya progam KKN dan PPL. Progam KKN dan PPL adalah salah satu mata kuliah yang memadukan antara kegiatan Kuliah Kerja Nyata dengan kegiatan Progam Pengalaman Lapangan. Di universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya) ada 2 progam yang diberikan oleh pihak kampus yaitu progam KKN PPL Reguler dan progam KKN PPL Internasional.

            Dengan adanya progam KKN dan PPL internasioanl ini sangatlah bagus dan penting adanya bagi mahasiswa yang hendak mengikuti progam ini. Memang tidak semua mahasiswa bisa menjadi parsipan dalam progam ini. Namun sangat terbuka bagi mereka yang mempunyai keinginan dan kemauan untuk mengembangkan kompetensi yang ia miliki di luar negri. Disamping itu juga, mahasiswa bisa mendapatkan banyak pengalaman yang akan didapat dari progam ini.

            Pasti semua mahasiswa yang mengikuti progam KKN PPL Internasioanl ini tidak mau menyia – nyiakan, dalam artian kita jauh – jauh kesini hanya menjalankan rutinitas sehari hari tanpa ada progres ataupun perubahan yang berarti bagi kita. Contohnya Pagi hari berangkat kesekolah untuk ngajar sampai sore, kemudian pulang dan begitu seterusnya tiap hari. Terus apa bedanya dengan progam KKN PPL reguler kalau hanya begitu. Memang pada kenyataannya setiap orang mempunyai pemikiran dan kebiasaan yang berbeda –beda. Namun disini (Thailand) kita berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik bagi lembaga dan masyarakat sekitar. Tujuannya adalah agar kompetensi yang kita miliki bisa berkembang dan bermanfaat bagi masyarakat “”خير الناس انفعهم للناس.

            Terus bergerak dan terus beramal, semakin banyak bergerak semakin banyak pula barokah. Barokah terletak pada pergerakannya bukan pada benda atau orangnya. Semakin banyak kita mengamalkan ilmu kepada umat maka semakin banyak pula pahala dan kebaikan yang akan kita dapat. Karna ilmu tidak akan habis walaupun dibagikan beribu – ribu kali,melaikan semakin banyak dan bermanfaat bagi kita dimasa yang akan datang nanti. Begitu juga kita disini, semakin banyak bergerak dalam kebaikan semakin banyakpula masyarakat sekitar yang kenal kita dan berbuat baik kepada kita serta banyak pula pengalaman yang bisa kita ambil, baik dari warga ataupun darilembaga.

            Kesempatan tidak akan datang kedua kalinya, maka manfaatkanlah kesempatan ini dengan sebaik – baiknya agar kita mendapat pengalaman dan pelajaran yang sangat berarti bagi kehidupan kita disuatu saat nanti, sekian dan terima kasih. 

Komentar

komentar

Leave a comment