PANDUAN TRANSLITERASI PRODI HUKUM KELUARGA ISLAM (untuk Pemula)


  1. Mengunduh dan mengopi font jenis “Times New Arabic”, di-paste pada folder “FONTS” dalam komputer/laptop (ada di partisi C:windows/fonts). Untuk kepastian, Cek kembali, untuk memastikan keberadaan font jenis “Times New Arabic” sudah masuk.
  2. Transliterasi siap digunakan. Pastikan terlebih dahulu, menggunakan font Times New Roman (atau font yang ditentukan pihak pengelola jurnal).
  3. Untuk bunyi hidup panjang (madd), maka caranya dengan menuliskan coretan horizontal (macron) di atas huruf, dengan cara diberi tanda “>” setelah huruf yang akan dibaca panjang.
  4. Setelah itu, replace (dengan cara tekan “Control H”). Isi kolom “find what” dan “replace with” dengan simbol >. Setelah itu, klik di dalam ruang kosong “replace with” , dan klik tombol “Format” – “font” dan (latin teks) cari font “Times New Arabic”. Setelah itu, klik “replace all”.
  5. Untuk huruf yang memiliki transliterasi titik di bawah huruf, simbol yang digunakan setelah huruf berupa }. Kemudian, lakukan cara seperti nomor (4).
  6. Sekian, semoga bermanfaat.

Pedoman Transliterasi dapat didownload dengan KLIK LINK INI

Font Times New Arabic dapat didownload dengan KLIK LINK INI

Komentar

komentar


Mohammad Ikhwanuddin

About Mohammad Ikhwanuddin

Mohammad Ikhwanuddin SHI MHI, Dosen dan Sekprodi Hukum Keluarga Islam ( Ahwal Syakhshiyyah) Fakultas Agama Islam UMSurabaya. Kini sedang menjalani pendidikan doktoral (S3) Prodi Studi Islam ( Islamic Studies) UIN Sunan Ampel Surabaya dengan Beasiswa Mora Scholarship Program 5000 Doktor Kemenag RI Tahun 2017. (Telepon/WA 083849992503)

Leave a comment