Persiapan Praktikum, Mahasiswa Mendapat Bekal Dari Ahlinya.


Hari Rabu, 4 Januari 2017 mulai pukul 13.00 bertempat di Gedung A lantai 2 Kampus UMSurabaya, dilaksanakan Pembekalan bagi mahasiswa Prodi Ahwal al Syakhshiyah FAI UMSurabaya yang akan melaksanakan Praktikum Pengadilan Agama & Kantor Urusan Agama Tahun Akademik 2016/2017. Hadir sebagai pemateri dalam pembekalan tersebut, dua orang alumni Syariah FAI UMSurabaya yang bergerak di bidang peradilan dan kepenghuluan.

Pemateri pertama, bapak Drs Itqon Marsudi, MA. adalah alumni Syariah FAI UMSurabaya yang saat ini duduk sebagai ketua KUA Bubutan Kota Surabaya. Dalam kesempatan ini, beliau menjabarkan seputar tata administrasi Kantor Urusan Agama, hingga berbagai hal yang terkait materi kepenghuluan. Lebih lanjut, beliau juga menjelaskan tentang berbagai permasalahan kontemporer seputar perkawinan yang selama ini terjadi di Indonesia.

Pemateri kedua, bapak Ichwan, S.Ag, M.H, CMSE, Alumni Syariah UMSurabaya yang saat ini duduk sebagai Ketua Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (APSI) Jawa Timur, menjabarkan tentang tata administrasi lembaga peradilan agama. Beliau juga menjabarkan tentang beberapa hal yang dapat menjadi kerjasama antara FAI UMSurabaya bersama APSI, antara lain dalam proses pemagangan, hingga pelaksanaan agenda yang memungkinkan untuk dilaksanakan secara kolaborasi. Rencananya, dalam waktu dekan FAI UMSurabaya akan bekerjasama dengan APSI dalam Sosialisasi Hukum Acara Ekonomi Syariah yang baru saja diputus oleh MA akhir 2016 kemarin.

Praktikum Pengadilan Agama Tahun 2014

Sebagai penutup agenda, pimpinan Prodi AS mengingatkan mahasiswa tentang tata tertib pelaksanaan praktikum, mulai aturan yang harus dilakukan saat praktikum, hingga mekanisme penyusunan laporan. Hal ini berkaitan dengan kode etik mahasiswa, khususnya dalam hal upaya mahasiswa untuk menjaga nama baik kampus ketika berada di instansi luar yang memiliki hubungan dengan kampus.

Secara terpisah, dekan FAI UMSurabaya yang baru pulang umroh mengaku bangga dengan Praktikum yang akan dilaksanakan prodi. Menurut beliau, sangat penting bagi mahasiswa untuk mengetahui lingkungan yang menjadi profil lulusannya, dengan harapan ketika mahasiswa tersebut usai diwisuda, akan mampu benar-benar menjadi lulusan dengan kompetensi keahlian sesuai keilmuan yang telah ditempuh, serta menjadi lulusan yang benar-benar dapat diharapkan keberadaannya oleh masyarakat. Rencananya, beliau akan ikut serta mendampingi agenda praktikum untuk memberikan dorongan moral kepada mahasiswa, agar lebih semangat untuk belajar langsung di lapangan.

Komentar

komentar

Dibaca : 1,379 pengunjung.