Sambut Gerhana Bulan Total, Mahasiswa UMSurabaya Gelar Ilmu Falak Expo (IFEX) 2018


Berdasarkan perhitungan astronomis melalui Ilmu Hisab, diketahui bahwa pada hari Rabu Legi tanggal 31 Januari 2018 Masehi bertepatan dengan tanggal 14 Jumadil Ula 1439 Hijriyah akan terjadi fenomena alam yang menarik untuk diamati, yakni peristiwa Gerhana Bulan Total.

Untuk menyambut hal tersebut, mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surabaya Program Studi Hukum Keluarga Islam berencana menggelar Ilmu Falak Expo (IFEX) 2018. IFEX akan diisi berbagai agenda yang berkaitan dengan Astronomi Islam. Agenda ini terlaksana kerjasama tim Galator UMSurabaya, Prodi Hukum Keluarga Islam UMSurabaya dan Surabaya Astronomi Club.

Agenda telah diawali dengan Pra-IFEX berupa pengamatan Supermoon saat Purnama tanggal 2 Januari 2018 kemarin. Dengan didampingi Cak Hammam dari Surabaya Astronomi Club (SAC), puluhan mahasiswa mengikuti pelatihan pengoperasian teleskop sekaligus mengamati bulan yang sedang berada pada titik Perigee.

Kemudian, pada tanggal 31 Januari saat pelaksanaan IFEX akan berlangsung berbagai agenda, yakni kunjungan ke Planetarium Jala Crana AAL pada pukul 07.30 pagi. Kemudian dilanjutkan dengan Pelatihan pembuatan Teleskop Hand-Made, Pembuatan Sun-Dian, Jam Istiwa dan Roket Air. Di Kampus UMSurabaya pada siang harinya. Sorenya dilanjut dengan Peluncuran Rocket Air di area parkir UMSurabaya. Puncaknya pada malam harinya akan dilaksanakan Observasi Gerhana Bulan Total di Atap At-Tauhid Tower dan Shalat Gerhana dengan Imam & Khathib dari Majelis Tarjih PWM Jawa Timur.

Agenda yang ditarget diikuti 50 orang peserta ini tampaknya memiliki magnet tersendiri bagi masyarakat. Buktinya sehari sebelum batas terakhir pendaftaran, lebih dari 70 orang telah mendaftar untuk mengikuti agenda tersebut. Pendaftar berasal dari dalam kampus UMSurabaya, maupun dari kampus di luar UMSurabaya dan komunitas astronomi yang ada di wilayah Surabaya. Belum lagi pendaftar kolektif dari beberapa sekolah yang berencana mengirimkan puluhan siswanya mengikuti agenda tersebut. Namun dikarenakan adanya kebijakan kuota maka tidak semua pendaftar diterima. Akan tetapi pada saat Observasi Gerhana Bulan Total dan Shalat Gerhana akan dilaksanakan secara terbuka sehingga siapapun dapat mengikuti agenda tersebut asalkan terlebih dahulu melakukan konfirmasi pendaftaran kepada panitia.

Akhirnya, selamat menyambut Ilmu Falak Expo (IFEX) 2018, semoga dapat membawa pencerahan bagi berkembangnya ilmu Astronomi Islam.

 

Simak tulisan lain :

 

Komentar

komentar

Leave a comment