Sambutan Dekan


IMG_2372 -up

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Selamat datang di Website Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surabaya.

 

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surabaya merupakan salah satu perguruan tinggi yang konsisten menyelenggarakan Pendidikan Islam yang unggul, dalam rangka menciptakan lulusan yang kompeten dan kompetitif pada era global.

 

Untuk mewujudkan hal tersebut, Fakultas Agama Islam UMSurabaya menyelenggarakan 5 (lima) Program Studi, Yakni :

  1. Hukum Keluarga Islam (Syariah / Ahwal al Syakhshiyah). Adalah Program Studi yang menghasilkan lulusan dengan kompetensi unggul pada bidang Hukum Keluarga Islam, serta berorientasi pada integritas nilai ke-Islaman, keilmuan dan ke-Indonesiaan. Lulusan dituntut mengembangkan nilai syariat Islam dengan metodologi keilmuan modern serta mengaplikasikan kemampuannya sesuai profil lulusan, yakni sebagai Tenaga Ahli Peradilan Islam (Hakim, Panitera, Advokat), Tenaga Ahli Perkawinan Islam (Penghulu, Konsultan Keluarga Sakinah), Tenaga Ahli Ketarjihan (Fatwa & Hisab Rukyat), Asisten Peneliti Hukum Islam dan Enterpreneur.
  2. Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah). Adalah Program Studi dengan kompetensi Pendidikan bidang Agama Islam dan berorientasi pada pengembangan dalam bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat serta Publikasi Ilmiah. Lulusan dituntut untuk mampu mengaplikasikan dan mengembangkan metode keilmuan dan keguruan dalam bidang Pendidikan Agama Islam dengan menjunjung tinggi nilai profesionalitas pendidik. Profil lulusan sebagai Pendidik Lembaga Pendidikan Islam, Pengelola Pendidikan Islam, Konsultan Pendidikan Islam, Asisten Peneliti Pendidikan Islam dan Enterpreneur.
  3. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Adalah Program Studi yang membekali mahasiswa dengan kompetensi bidang pendidikan dan keguruan pada tingkat dasar, khususnya bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 16 tahun 2007 bahwa guru pada Madrasah Ibtidaiyah harus memiliki kualifikasi sarjana S1 bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Profil lulusan sebagai Pendidik Madrasah Ibtidaiyah, Pengelola Madrasah Ibtidaiyah, Konsultan Pendidikan Islam, Asisten Peneliti Pendidikan Islam dan Enterpreneur
  4. Perbandingan Agama (Ushuluddin). Sebagai program studi yang menjadi pusat pengembangan studi ke-Islaman, keagamaan dan lintas budaya yang unggul dan kompetitif. Lulusan disiapkan menjadi ahli studi keagamaan yang kompeten dan berwawasan pluralis. Profil lulusan sebagai Penyuluh Agama, Konsultan Kerukunan Umat Beragama, Manajer Lembaga Keagamaan, Asisten Peneliti Studi Agama-Agama, Enterpreneur.
  5. Perbankan Syariah. Adalah program studi yang menyiapkan lulusan sebagai akademisi dan praktisi pada bidang Ekonomi Islam yang semakin banyak dibutuhkan seiring perkembangan zaman. Kebutuhan industri akan lulusan Perbankan Syariah semakin tinggi seiring semakin banyaknya industri Perbankan Syariah dan Unit Usaha Syariah. Profil Lulusan sebagai Praktisi Perbankan Syariah (Teller, Customer service officer, Back Office, Marketing), Konsultan Keuangan Syariah, Asisten Peneliti Perbankan Syariah, Enterpreneur.

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surabaya terus melaksanakan pengembangan dalam berbagai hal untuk mewujudkan visi misi dan tujuan yang telah ditetapkan.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

 

Lomba Menulis Artikel Tahun 2017

8+9=
Dibaca : 0 pengunjung.