UMSURABAYA TERUS BERBENAH FASILITAS


UMSURABAYA TERUS BERBENAH FASILITAS
oleh Nilam Rahayu Ningtyas (Mahasiswa Prodi Hukum Keluarga Islam UMSurabaya)

Universitas Muhammadiyah Surabaya merupakan salah satu Universitas yang di bawah naungan Muhammadiyah yang berlokasi di jl. Sutorejo 59 Surabaya. Kebanyakan dari mahasiswa yang memutuskan untuk kuliah di sini, mengetahui lokasi tersebut dari situs laman daring atau media sosial. Lokasi kampus umsurabaya yang berbaur dengan pemukiman warga dan menjorok ke dalam, membuat kampus terkesan kurang strategis.

Namun, hal ini tidak membuat kampus yang memiliki motto Kampus Sejuta Inovasi ini kurang diminati. Hampir setiap tahun, ribuan mahasiswa mendaftar menjadi calon Mahasiswa baru di kampus ini.

Dalam rangka memberikan pelayanan kepada mahasiswa itulah, UMSurabaya terus berbenah demi kualitas dan kenyamanan yang optimal kepada para mahasiswanya.

Pembenahan itu di antaranya adalah renovasi gedung-gedung yang sudah ada, yakni gedung A, gedung G inspire, dan gedung F.
Penambahan gedung juga dilakukan dengan pembangunan Gedung At Tauhid Tower berlantai 13 yang baru saja diresmikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla pada saat acara Tanwir Aisiyah ke-1 di Indonesia, 19-21 Januari 2018 silam.

UMSurabaya juga berupaya meningkatkan kenyamanan mahasiswa dengan relokasi tempat parkir kendaraan bermotor mahasiswa. Tempat parkir semula bertempat di sekitar halaman masjid kampus Masjid KH. Mas Mansyur, dipindah ke depan gedung At Tauhid Tower yang lebih luas dan rapi. Jalur keluar kendaraan pun sekarang telah ditertibkan. Pada mulanya, kendaraan bermotor baik mobil atau motor bisa keluar-masuk pada jalur yang sama yaitu gerbang utama kampus. Sekarang, jalur keluar masuk menjadi terpisah. Jalur masuk dan keluarnya mobil tetap pada jalur awal, sedangkan bagi kendaraan bermotor harus melalui jalur baru yang telah disediakan khusus, yaitu antara jalan menuju lapangan parkir dan GDM (Gedung Dakwah Muhammadiyah).

Selain itu, kampus juga berusaha membuat inovasi-inovasi tempat yang bisa digunakan para mahasiswa seperti tempat nongkrong, diskusi, hingga tempat melepas penat usai kuliah berlangsung dengan senyaman mungkin. Karena itu, UMSurabaya membangun beberapa tempat nyaman dan strategis yakni Gazebo, (di depan Gedung F), Wifi Zone (belakang Gedung A), dan baru-baru ini bersamaan dengan peresmian At Tauhid Tower, ada 2 tempat melingkar (bundaran) yang belum ada namanya itu sekarang menjadi tongkrongan dan banyak diminati oleh mahasiswa itu sendiri.

Keberadaan kantin juga berperan penting. Karenanya mahasiswa dapat melepas penat sekaligus menyantap kudapan yang telah ditawarkan di dalamnya. Mungkin hanya sebagian kecil mahasiswa yang bisa menggunakan kantin, oleh sebab tempatnya minimalis. Sehingga banyak dari mahasiswa yang keluar area kampus hanya untuk memanjakan lidah dan perutnya.

Memang, kantin yang disediakan kampus tersebut diniatkan untuk bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa. Tapi kenyataanya, hanya sebagian kecil dari mahasiswa yang dapat menggunakannya. Sehingga inilah tugas baru untuk pihak kampus supaya bisa menyelesaikan permasalahan tentang fasilitas sekaligus kebutuhan mahasiswa.

Beragam fasilitas dan kenyamanan mahasiswa yang disediakan oleh kampus sudah sangatlah baik. Kampus sendiri telah mengupayakan perihal ini dengan sangat maksimal. Dengan harapan, antara pihak kampus dengan mahasiswa dapat bekerjasama secara baik. Sehingga dari keduanya dapat menciptakan dan memanfaatkan fasilitas sebaik mungkin, serta saling menjaga satu sama lain. Meskipun dari sini banyak terdapat kekurangan, tapi tak menyurutkan untuk pihak kampus dalam memberikan yang terbaik kepada mahasiswanya, begitu juga sebaliknya.

Komentar

komentar


Mohammad Ikhwanuddin

About Mohammad Ikhwanuddin

Mohammad Ikhwanuddin SHI MHI, Dosen dan Sekprodi Hukum Keluarga Islam ( Ahwal Syakhshiyyah) Fakultas Agama Islam UMSurabaya. Kini sedang Studi Doktoral (S3) Dirasah Islamiyah ( Islamic Studies) UIN Sunan Ampel dengan Beasiswa Mora Scholarship Program 5000 Doktor Kemenag RI Tahun 2017. (Telepon/WA 083849992503)

Leave a comment