Hadis Hukum Islam


Total kunjungan 200 , Kunjungan hari ini 2 

Salah satu materi utama dalam Prodi Hukum Keluarga Islam adalah kompetensi dalam membaca, memahami, dan menganalisis sumber-sumber hukum Islam. Sumber hukum Islam yang paling mendasar adalah Al-Quran dan Hadis.

Sebagai salah satu sumber hukum Islam yang utama, hadis perlu difahami secara lebih mendalam. Pemahaman terkait hadis, perlu ditunjang dengan kemampuan dalam menelaah hadis, baik secara teks maupun kontekstual, yang berkaitan dengan hukum Islam, terutama dalam beberapa tema mendasar terkait hukum peribadatan Islam.

BACA JUGA  Perempuan, Kemerdekaan, dan Masa Depan Diri

Beberapa hadis di bawah ini, bisa dijadikan panduan awal, dalam proses pembelajaran Hadis Hukum Islam. Setiap tema tertentu, akan diberikan satu hadis, yang bisa dijadikan pintu awal untuk memahami, menganalisis kebahasaan dan petunjuk hukum, serta menjadi bagian tak terpisahkan dalam praktik takhrij hadis. (Untuk melihat kembali takhrij hadis, bisa mempelajari tautan berikut : https://fai.um-surabaya.ac.id/praktik-takhrij-hadis-latihan-01/)

Mahasiswa bisa bertugas membuat makalah, yang berisi dengan Pendahuluan, Pembahasan dan Kesimpulan, Pada Pendahuluan, mahasiswa mengutarakan maksud dan tujuan penulisan tema yang ditugaskan. Sisi urgensi tema juga dipaparkan singkat. Pendahuluan paling tidak 1-2 halaman.

BACA JUGA  Rekapitulasi Pengisian Kuisioner Latarbelakang Mahasiswa 2016

Pada pembahasan, mahasiswa memulai dengan malakukan takhrij hadis hadis yang telah dipilihkan berdasarkan tematik (lihat file Ringkasan materi “Hadis Hukum Islam”) lalu menampilkan hadis lain yang serupa/mirip namun biasanya terdapat beberapa/sedikit perbedaan redaksi. Perbandingkan 2 hadis tersebut. Kemudian, paparkan penjelasan tema yang ditugaskan.

Kesimpulan merupakan penutup dari makalah. Dia berisi tentang kesimpulan status validitas hadis, penjelasan, atau hal lain yang terkait dengan tema penugasan.

BACA JUGA  DAFTAR TENAGA KEPENDIDIKAN

Sebagai penutup sekaligus selayang pandang (overview) mata kuliah ini, pertemuan kelas terdiri dari 14 pertemuan, dengan 12 tematik Hadis Hukum Islam yang disediakan, di antaranya adalah Niat, Wudlu, Tayammum, Mandi Jinabat, Shalat, Jama’ Qasar, Shalat Hari Raya, Shalat Gerhana, Shalat Jenazah, Zakat, Puasa, Haji.

Sekian terima kasih.

Pengampu Mata Kuliah Hadis Hukum Keluarga, Mohammad Ikhwanuddin SHI., MHI

Komentar

komentar


Mohammad Ikhwanuddin

About Mohammad Ikhwanuddin

Mohammad Ikhwanuddin SHI MHI, Dosen dan Sekprodi Hukum Keluarga Islam ( Ahwal Syakhshiyyah) Fakultas Agama Islam UMSurabaya, dan menjadi salah satu Anggota ADHKI (Asosiasi Dosen Hukum Keluarga Islam ). Kini sedang menjalani pendidikan doktoral (S3) Prodi Studi Islam ( Islamic Studies) UIN Sunan Ampel Surabaya dengan Beasiswa Mora Scholarship Program 5000 Doktor Kemenag RI Tahun 2017. (Telepon/WA 083849992503)

Leave a comment