MENGHARGAI DIRI, MENGHARGAI PENCIPTANYA


Total kunjungan 2,041 , Kunjungan hari ini 28 

Oleh : Nur Hurin In Rumalutur

“Pada dasarnya orang bisa menjadi lebih baik dari yang lalu ketika mereka mampu untuk menerima dan menghargai dirinya saat ini. Namun menghargai diri sendiri bukan sekedar mementingkan diri sendiri, melainkan bentuk penghargaan anda kepada lingkungan dimana anda berada”

Apa yang terpikir dibenak anda tentang sebuah kalimat “Menghargai Diri Sendiri”, mungkin anda paham maksud dari kalimat tersebut, tapi apakah benar-benar paham?. Apakah sudah terlaksana kalimat itu, apakah sudah terbukti fungsi kalimat itu pada diri anda?. Banyak atau bahkan hampir semua manusia pernah meragukan diri sendiri, meragukan kekuatan yang sudah Allah berikan kepada ciptaan-Nya yang paling sempurna dengan dibekali akal yang sehat dan penampilan yang begitu sempurna.

Sekarang mari berfikir lagi, mari kita bertanya pada diri masing-masing, sudahkah kita menghargai diri sendiri? Apakah masih ada rasa tidak percaya dengan dirinya sendiri, atau bahkan tidak bersyukur dengan raga yang telah Allah ciptakan pada manusia. Bila anda tidak menghargai diri sendiri, lalu bagaimana dengan orang lain, apakah orang lain akan menghargai diri anda, sedangkan anda saja tidak menghargai diri sendiri. Mungkin anda pernah sesekali membandingkan diri anda dengan orang lain, entah itu dari segi fisik atau yang lainnya. Memikirkan kekurangan diri sendiri tanpa melihat kelebihan yang masih terkubur karena rasa ketidak percayaan diri. Lalu sebenarnya apa yang berharga, apa yang harus dibanggakan dari diri kita?.

Mari bersyukur karena Allah masih memberikan kehidupan yang begitu indah kepada kita semua, jangan membuang waktu hanya untuk membandingkan dengan manusia yang lain, karena kita semua hidup dengan kehidupan yang telah Allah gariskan. Manusia dikaruniai Allah dengan berbagai potensi dasar yang sangat besar, akan tetapi kebanyakan orang baru memanfaatkannya sedikit saja karena diri ini terlalu sibuk membandingkan kehidupannya dengan kehidupan orang lain.

Menghargai diri sendiri berarti mensyukuri segala potensi dasar yang telah dikaruniakan dengan memanfaatkannya sesuai dengan tujuan Allah menciptakan dan memberikan semua itu kepada kita. Didalam Al-Qur’an surat Ibrahim ayat 7 Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya, azab-Ku sangatpedih”. Mari menghargai diri sendiri dengan tidak mencela atau bahkan membandingkan karena hal itu akan membuat diri kita semakin ciut dan mematikan rasa kepercayaan pada diri, banggalah menjadi diri sendiri “Just Be Your Self”.

Jika anda ingin benar-benar menghormati diri sendiri,  marilah dimulai dengan menghargai diri sendiri, serta berusaha menjadi seseorang yang anda inginkan. Berusahalah memahami cara untuk merasa bahagia dengan diri sendiri dan buatlah agar orang lain memperlakukan anda dengan pantas. Mengembangkan perasaan yang kuat terhadap menghargai diri sendiri dapat membantu anda untuk memaksimalkan potensi yang sudah ada dalam diri, potensi akan muncul dengan  sejalannya bagaimana anda menghargai diri sendiri dari hal yang terkecil. Apakah anda mengerti bahwa menghargai diri sendiri berdampak nilai yang sangat positif dalam kehidupan. Dapat mengembangkan hubungan yang sehat dan membuat semua orang disekitar kita melihat diri ini adalah seseorang yang patut untuk dihormati.

BACA JUGA  Kerendahan Hati Seorang Abu bakar As-Shiddiq

Salah satu hal yang dapat membantu anda untuk bisa menerima diri sendiri adalah dengan menghargai diri sendiri. Dalam kehidupan yang bersifat sementara ini, jangan biarkan waktu ini berlalu dengan sia-sia dengan melihat kehidupan orang lain, hanya melihat dan membandingkan saja, tanpa menggali potensi diri dan mengabaikan diri sendiri. Dalam kehidupan ini anda pasti pernah merasakan tekanan-tekanan batin akibat kesalahan atau kekurangan seperti: kesalahan dalam berbicara, dalam bersikap, dan sebagainya yang membuat diri ini kecewa dan malah membuat anda minder kepada diri sendiri.

Karena kekurangan, anda merasa tersiksa, rasa penyesalan menumpuk, benci dan lainnya, serta menimbulkan rasa iri kepada kehidupan orang lain. Bila anda tidak sanggup memecahkan persoalan yang ada dalam benak anda, lalu anda akan mulai membenci orang-orang yang ada disekitar. Hasilnya lingkaran setan yang akan menghancurkan diri sendiri, yaitu benci terhadap diri sendiri, benci dengan orang lain, dan dibenci dengan orang lain.

Pada dasarnya orang bisa menjadi lebih baik dari yang lalu ketika mereka mampu untuk menerima dan mengahrgai dirinya saat ini. Namun menghargai diri sendiri bukan sekedar mementingkan diri sendiri, melainkan bentuk penghargaan anda kepada lingkungan dimana anda berada. Menghormati diri sendiri itu bukan tentang apa yang telah kita lakukan, tapi Siapa kita. Ini adalah tentang perasaan yang dihargai. Ini adalah tentang mampu atau tidaknya anda untuk tegak dan merasa bangga kepada diri sendiri hanya karna anda ada. Ini adalah tentang cara bagaimana anda dapat mencintai  diri sendiri untuk diri anda sendiri.

Respect your self and world will respect you, sebuah pepatah lama menunjukkan bagaimana pentingnya agar mulai menghargai diri sendiri, sebab segala penghargaan dan kejujuran akan dapat terpancar melalui tindakan yang kita lakukan.adapun 6 alasan mengapa harus mulai menghargai diri kita sendiri :

  1. Membangun kepercayaan diri
BACA JUGA  Cerita Ramadhan

Dengan anda menghargai diri sendiri, maka dengan saat itu juga level kepercayaan diri akan meningkat. Kekuatan untuk berani mengahadapi situasi apapun semakin kuat. Akibatnya anda tidak akan merasa dikucilkan pihak lain,

  1. Mudah menerima kritikan

Saat diri anda menghargai diri sendiri, anda akan mudah menerima kritikan orang lain terhadap kita, jangan melarang orang untuk berkomentar tentang bagaimana kita menurutnya, karena dari kritikan itu lah justru anda lebih memahami bagaimana diri anda menurut pandangan orang lain karena itu bisa menjadi sebuah motivasi untuk berusaha agar lebih baik lagi.

  1. Menghargai diri sendiri membuat anda merasa berharga

Ketika menghargai diri sendiri, artinya anda juga mencintai diri sendiri, dan merasa bahwa andalah yang paling terbaik. Tak ada seorang pun yang dapat mempengaruhi anda. Penghargaain diri sendiri membantu anda membangun rasa kepercayaan pada diri sendiri semakin kuat meskipun dalam kondisi yang berat.

  1. Menghargai diri membuata anda belajar untuk tidak membandingkan diri

Ketika anda mulai membandingkan diri sendiri dengan orang lain, maka anda akan kehilangan diri sendiri.

  1. Menghargai diri sendiri mengajarkan untuk mengenal kulitas diri

Ketika mulai mengharga diri sendiri. anda akan mengetahui atau mengenali diri anda lebih dalam lagi. Anda akan tahu titik kelemahan serta kekuatan untuk mengatasiapapun. Hal seperti ini akan membuat anda menjadi sosok yang lebih baik lagi.

  1. Menghargai diri sendiri membuat Anda belajar untuk menjaga diri.

Dengan menghargai diri sendiri kita anda akan berusaha menjaga diri untuk lebih baik lagi, anda akan menjaga tubuh dan pikiran anda serta lingkungan disekitar akan menjadi indah dan menenangkan pikiran. Otomatis cara berpikir akan berubah. Anda akan melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda..

Pernahkah mendengar, membaca atau bahkan menonton kisah Motivasi tentang bagaimana kehidupan seseorang yang lahir dengan kondisi fisik yang sempurna seperti bayi umumnya, namun pada usianya yang genap 19 bulan, dia menderita penyakit “KEMACETAN AKUT PERUT DAN OTAK”. Hellen Keller, dilahirkan di Tuscumbia, Alabama, Amerika Serikat pada 27 Juni 1880, bocah perempuan yang mengalami kebutaan, tuli, dan bisu. Tumbuh menjadi seorang Penulis, Aktivis Politik, Dosen, Advokat bagi disabilitas dan pembicara yang telah didengar suaranya oleh dunia.

Apa yang ada dibenak anda ketika berada diposisi Hellen Keller, apakah anda akan tetap berjuang sekalipun anda dalam kondsi yang sama sepertinya? Apakah anda akan mengeluh dan menyalahkan takdir, menyalahkan Allah dan beranggapan bahwa Allah tidak adil. Ketauhilah, sadarilah bahwa allah telah mengatur alur hidup hambanya, senang, sedih, tertawa, bahagia, itu semua sudah ada dalam kehendak Allah. Dapat dirasakan bagaimana sukarnya hellen keller dalam menghadapi situasi yang demikian, tapi apakah ia menderita berkelanjutan, lalu apakah ia akan terus menyalahkan takdir?. Sayangnya tidak, Baik hellen maupun kedua Orang tua dan keluarga nya, tidak menyesali keadaan itu, mereka tetap memberikan pendidikan yang terbaik untuk hellen, untuk masa depannya.

BACA JUGA  Berprestasi dan Berorganisasi. Kenapa Tidak?

Anne Sullivan telah berhasil mengubah hellen keller yang pada awalanya tidak mempunyai gambaran masa depan, menjadi sesosok gadis yang mempunyai masa depan cerah seperti halnya gadis normal pada umunya. Keinginan Hellen untuk maju kian terbendung. Hellen melakukan sesuatu yang sangat sulit bagi seorang tunanetra dan tunarungu sekaligus, hellen ingin belajar berbicara. Mengapa demikian? Karena hellen terinspirasi oleh seorang gadis Norwegia bernama Ragnhild Kaata, yang juga bisu dan tuli tapi nyatanya ragnhild mampu untuk belajar berbicara.

Kita boleh saja membandingkan diri ini dengan orang lain, melihat kelebihan orang lain yang  tidak ada di diri anda. Tapi itu bukan alasan untuk menjadikan diri anda merasa terkucilkan. Yang diperlukan adalah menata kembali pola pikir anda untuk hidup anda kedepan nanti, mau jadi apa ketika hidup dihabiskan hanya untuk membandingkan dengan orang lain. Anda harus percaya bahwa anda adalah yang terbaik bagi diri anda sendiri. Anda hanya perlu selalu bersikap dan berpikir positif pada hidup ini, karena hal itu memungkinkan anda untuk memulai menghargai diri sendiri.

 

DAFTAR RUJUKAN

  • Al-Qur’an dan terjemahannya, Departemen Agama Republik Indonesia, PT Syaamil Cipta Media.
  • https://Menghargai diri Sendiri Dalam Islam
  • . id.m.wikihow.com>menghargai diri sendiri
  • http:// weblog.esaunggul.ac.idmenghargai-diri-sendiri
  • http:// Menghargai-Diri-Sendiri.kikizone,wordpress.com
  • http://intisari-online6-Alasan-Anda-Harus-Menghargai-Diri-Sendiri
  • https://banongautama.wordpress.com/2015/09/21/cerita-helen-keller/.

 

BIODATA.

Nur hurin in rumalutur, anak ke dua dari dua bersaudara. Lahir di Kota Surabaya pada tanggal 15 bulan Juli dan Tahun1995. Dilahirkan oleh Umik Widjiasih dan pasangannya Abi Rumalutur Idris. Memiliki seorang kakak bernama Muhammad Hanif Salafuddin. Bertempat tinggal di Surabaya, tepatnya Ploso VII/12A, Tambaksari, Surabaya. Hoby apa saja yang dapat membuat diri ini menjadi nyaman dan bahagia. Bercita-cita menjadi seorang wirausaha yang sukses dan Wanita Sholihah. Amin. Telah menyelesaikan Pendidikannya di TK Islam Terpadu Al-Uswah Surabaya (1999-2001), SD Muhammadiyah 3 Surabaya (2001-2007), SMP Muhammadiyah 12 SendangAgung-Paciran-Lamongan (2007-2010), MA. Al-Ittihad Al-Islami Camplong-Sampang-Madura, dan saat ini sedang menyelesaikan studinya di Jurusan Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

 

Komentar

komentar

Leave a comment