UAS Hukum Pidana AS Sem 4


Total kunjungan 96 , Kunjungan hari ini 1 

Soal Ujian Akhir Semester Gasal 2014-2015

Mata Kuliah                 : Hukum Pidana

Sifat Soal                     : Tertutup.

Semester/Prodi             : IV Prodi HKI/AS

Dosen Pengampu         : Gandhung Fajar Panjalu, M.HI.

Atan adalah mantan pegawai di salah satu bank terkemuka. Suatu hari, ia berniat mencuri di salah satu Anjungan Tunai Mandiri. Untuk membantu melancarkan aksinya, Atan meminta tolong tetangganya yaitu Atun untuk membantu dengan perjanjian hasil curian dibagi berdua sama rata. Mereka berangkat mencuri pada 12 Mei 2012 pukul 12.15 siang hari. Di tengah perjalanan, mereka bertemu dengan Atin yang baru pulang bekerja. Mereka membujuk Atin untuk ikut, namun tidak menjelaskan kemana mereka hendak pergi. Atin akhirnya mau ikut karena dijanjikan imbalan. Sesampainya di halaman bank, Atan dan Atun masuk ruangan dan mereka beralasan hendak menemui saudaranya di dalam. Sedangkan Atin diminta tetap berada di mobil dan memberi kabar kepada mereka (Atan dan Atun) apabila ada orang lain yang datang.

  1. Berdasarkan KUHP, sebutkan peran masing-masing orang yang terlibat dalam pencurian tersebut? Sebutkan pasalnya dan Jelaskan pengertiannya !
  2. Berdasarkan KUHP, Apabila mereka sukses melakukan pencurian tersebut maka berapa ancaman pidana masing-masing orang yang terlibat dalam pencurian tersebut? Sebutkan pasalnya!
  3. Jika ternyata mereka gagal melakukan pencurian dan tertangkap aparat, maka berapa ancaman pidana masing-masing orang yang terlibat ?
  4. Apabila setelah melakukan pencurian mereka kabur ke luar kota dan bersembunyi sehingga tidak tertangkap aparat, kapan hapusnya kewenangan penuntutan atas kasus pencurian tersebut?
  5. Jika pada tahun 2014 mereka tertangkap aparat dan diketahui ternyata Atan juga merupakan buronan pencurian di sebuah apartemen, maka masuk kategori apa tuntutan pidana yang diberikan kepada Atan? Jelaskan pengertian dan tuntutan hukumnya !
  6. Apabila pada tahun 2017 Atun dibebaskan, kemudian pada tahun 2019 ia tertangkap melakukan pencurian di sebuah perumahan, maka masuk kategori apa tuntutan pidana yang diberikan kepada Atun? Jelaskan pengertian dan tuntutan hukumnya !
  7. Jika pada tahun 2014 Atin dibebaskan kemudian pada tahun 2015 ia dituntut pidana atas permasalahan tersebut, maka masuk kategori apa tuntutan pidana yang diberikan kepada Atin? Jelaskan pengertian dan tuntutan hukumnya !
  8. Jelaskan apa yang dimaksud :
    1. nullum delictum nula poena sine praevia lege poenali
    2. Stelsel
    3. Poging
    4. Pidana pokok
    5. Pidana tambahan

Komentar

komentar

BACA JUGA  Materi Hukum Perkawinan di Indonesia