Visi, Misi, Tujuan dan sasaran yang dimiliki mengacu pada Rencana Induk Pengembangan dengan berdasar pada empat tahap/fase, yakni tahap pertumbuhan (tahun 2013-2017), tahap pengembangan (tahun 2018-2022), tahap unggulan nasional (tahun 2023-2027), dan tahap unggulan Asia Tenggara (tahun 2028-2033). Tahapan tersebut disusun dalam mempersiapkan Fakultas Agama Islam UMSurabaya menjadi Fakultas yang unggul di bidang Moralitas, Intelketualitas dan berjiwa entrepreneur. Penjabarannya adalah sebagai berikut :

Visi

Menjadi Fakultas Agama Islam Yang Unggul Dalam Moralitas, Intelektualitas dan Entepreneurship di Bidang Keilmuan Islam Pada Tahun 2028

 

Misi

 

  1. Sebagai lembaga pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang dapat menghasilkan sarjana agama yang berkualitas.
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran sebagai pusat pengembangan ilmu agama dan ilmu pengetahuan.
  3. Mewujudkan suasana akademik yang kondusif, berkemajuan dan berkelanjutan.
  4. Mendidik mahasiswa yang kompeten dan professional serta berkontribusi pada bangsa, agama dan Negara.
  5. Mengembangkan kesadaran dan jiwa entrepreneur bagi seluruh civitas akademika yang bersinergi dengan nilai-nilai keagamaan dan keilmuan.

 

Tujuan

 

  1. Menghasilkan peserta didik menjadi Sarjana Agama yang berkarakter Islami.
  2. Menghasilkan Sarjana Agama yang memiliki komitmen intelektual dengan mengedepankan keunggulan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.
  3. Menghasilkan Sarjana Agama yang mempunyai kompetensi di bidang keagamaan yang berkualitas dan professional.
  4. Menghasilkan Sarjana Agama yang memiliki keunggulan moralitas keagaamaan dan keilmuan dalam mengembangkan jiwa entrepreneur.

Sasaran

 Untuk mencapai tujuan Fakultas Agama Islam UMSurabaya, sasaran yang akan dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Tercapainya mutu dan kompetensi lulusan.
  2. Tercapainya peningkatan mutu kelembagaan di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.
  3. Tercapainya peningkatan kerja sama dalam dan luar negeri.
  4. Tercapainya peningkatan kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia.
  5. Tercapainya peran Fakultas Agama Islam UMSurabaya dalam mewujudkan sivitas akademika yang dapat menjadi teladan dalam rangka melaksanakan dakwah Islam melalui persyarikatan Muhammadiyah.
  6. Tercapainya pembentukan unit usaha baru yang berasal dari hasil penelitian dan pemikiran kampus yang didukung jiwa entrepreneur.
  7. Tercapainya kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana serta tersusunnya laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku dalam Perguruan Tinggi Muhammadiyah.
  8. Tercapainya peningkatan mutu tata kelola (good governance) dalam sistem manajemen.